Skip to main content

Berpikir Positif dan Doa Pengusir Sedih alias Galau

Dear Ladies,
Sebagai perempuan sepertinya kaum kita ini lebih memiliki kadar emosi lebih dibanding kaum pria ya. Hehe....
Maksudnya kaum perempuan ini mudah untuk tertawa dan ceria dan lebih mudah lagi untuk sedih. Adaa, saja hal yang bisa bikin sedih dan trenyuh. Mulai dari hal yang mengejutkan, hingga hal yang benar-benar menyedihkan.
Baper? 
Iya.. sesekali. 
Sebab, nggak boleh sedih yang berkelanjutan lho Ladies. 
Masih ramai kita lihat di media beberapa kasus yang melibatkan perempuan hingga berakhir dengan kasus pidana. Bisa jadi semua berawal dari rasa sedih yang kemudian berubah bukannya menjadi pikiran positif, malah jadinya melakukan hal nekad. Yang bahkan jadinya melanggar hukum. Duh!




Berpikir positif is a must. Apalagi perempuan dewasa seperti kita tentu sudah bisa mencari tau sendiri dan bisa memutuskan apa yang baik dan apa yangs ebaiknya dihindari. Namun sebagai umat beragama, di mana kita di Indonesia yang memiliki keragaman agama. Yuk, kita kembali pada ajaran agama masing-masing, yang tentunya akan membawa kedamaian.^_^ 

Demikian juga saya pribadi sebagai muslim juga memiliki beberapa tips dalam mengatasi rasa sedih:
1. Cari tau apa penyebab rasa sedih tersebut. Jika sedih tanpa alasan, kemungkinan sedang ada masalah hormon. Misalnya mau datang bulan, sedang patah hati, atau hal lainnya.  Jika rasa sedih terjadi karena masalah seperti ini bisa diatasi dengan pengalihan perhatian. Lakukan hal yang sebelumnya jarang dilakukan. Seperti jalan-jalan di taman, makan es krim, makan coklat sembari nonton, atau hal-hal yang biasanya kita sukai tapi sudah lama tidak dilakukan karena terlalu sibuk dengan  rutinitas sehari-hari. 

2. Jika rasa sedih datang karena masalah yang logis, misalnya masalah pekerjaan atau masalah rumah tangga atau keluarga. Jangan dibiarkan berlarut-larut. Usahakan mencari solusi secepatnya. 

3. Jika belum juga mendapatkan solusi dari penyebab rasa sedih tersebut, maka kemungkinan besar itu sudah jalan-Nya. Jadi ikhlas dan tawakal itu yang jadi modal sekarang. Karena Rasulullah saw sendiri juga pernah mengalami rasa sedih. Karena beliau juga manusia seperti kita. Makanya Rasulullah saw mengajari kita doa untuk mengatasi rasa sedih. 
Ada beberapa pilihan doa yang sering saya baca : 

Bismillahirrahmaniraahiim
Ya Tuhanku, aku memohon pada-Mu jiwa yang merasa tenang pada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu,  yang ridha dengan ketetapan-Mu, serta yang merasa cukup dengan pemberian dari-Mu (HR Thabrani)

Bismillahirrahmaniraahiim
Ya Tuhanku, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang (jahat)

Bismillahirrahmaniraahiim
Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir.
(QS. Al Baqarah ayat 250)

Aamiin Allahumma aamiin




Comments

Popular posts from this blog

Kok Obat Tetes Mata Bisa Terasa Pahit di Lidah

                                                                Image: pinterest.com Nah, pertanyaan ini bermula saat ada keluhan di kedua mataku. Selama ini alhamdulillah mataku tak pernah bermasalah. Namun entah mengapa beberapa bulan terakhir ini mataku mudah sensitif terhadap debu membuatnya terasa gatal. Dan rasa gatal ini sangat menganggu kalau dibiarkan. Akhirnya biar nggak gatal lagi kedua mata kukucek. Memang rasa gatal berkurang tapi akhirnya gerakan kucek mata jadi nagih. Mata jadi bengkak dan berair. Akhirnya aku pun menyerah dan pergi periksa ke dokter. Chloramphenicol Pertama kali mengenal zat ini dari isi kandungan obat tetes mataku yang bermerk Reco. Obat tetes mata ini diresepkan oleh dokter di puskesmas karena ada keluhan pada mataku. Yaitu  sensitif pada debu. Juga mudah gatal hingga rasanya tangan pengen ngucek-ngucek sampe mata jadi merah. Akhirnya pada suatu kesempatan aku nyerah dan pergi periksa. Aku diberi satu jenis obat saja karena memang yang b

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?

Serum dalam Perawatan Kulit, Pentingkah?

  Dear ladies, kesibukan dalam keseharian di rumah mengurus keluarga maupun di luar rumah tentu saja berpengaruh dalam ritne atau jatah waktu untuk memberikan perhatian pada perawatan kulit kita. Namun, tentu saja kita harus tetap peduli dong pada perawatan diri sendiri. Termasuk update informasi terkait produk apa saja yang bagus untuk perawatan kulit kita. Misalnya terkait topik skincare dan serum. Penggunaan skincare dan serum dalam perawatan kulit sekarang ini seakan menjadi suatu hal yang jamak dalam khazanah perawatan kulit di Indonesia. Sesuatu hal yang mungkin beberapa waktu lalu mungkin masih jarang terdengar di telinga kita.Ladies pun mungkin bertanya-tanya mengapa serum bisa menjadi bagian penting dalam rutinitas perawatan kulit kita di saat sekarang. Nah, jawabannya sebenarnya sederhana. Karena, menurut hasil riset para ahli terkait, serum memiliki sejumlah keunggulan yang sayang kalau kita lewatkan. Berikut pemaparannya,  a.       Serum   mampu menyerap lebih dalam