Minggu, 12 Juni 2016

Ngobrol Cantik Blogger Perempuan bersama Involve Asia, Dewaweb dan FB Ads

Share on :

Dear Ladies,
Ngobcan BP alias Ngobrol Cantik Blogger Perempuan. Acara yang rutin diadakan oleh Blogger Perempuan  Network kali ini diselenggarakan di Sarinah Thamrin. 
Penting sekali bagi saya yang beruntungnya mendapat seat di acara ngobcan yang selalu terbatas kuotanya ini (tambahin lagi dong min kuotanya ;)) untuk membuat semacam reportase ala saya untuk bisa berbagi dengan para Ladies
pembaca setia blog ini.
Kenapa?
  1. Acara ngobcan yang pesertanya cantik-cantik ini  suitt!..suitt!  materinya ciamik dan sangat bermanfaat untuk para blogger dalam meningkatkan kapasitas nya dalam dunia perbloggeran
     
  2. Saya merasakan petapa perihnya di kokoro *ini istilah putri abegeku. Jika ada info berguna tapi nggak semuanya tau. Makanya semua harus tau esensi materi ngobcan BP demi kemajuan para ladies di dunia perbloggeran. Sebab tak semua bisa hadir di acara Ngobcan Blogger Perempuan, pertama karena seat terbatas, kedua karena domisili yang jauh dari lokasi. Kan anggota BP nggak semuanya berada di pulau Jawa, ketiga waktu yang tak mengizinkan karena kesibukan para ladies dalam kegiatan keseharian, dan alasan lainnya.

  3.  Nabung. Lha? Iya, nabungnya buat saya. Nabung amal buat pulang ke kampung akhirat nanti. Semakin banyak berbagi semakin nambah tabungan saya kan. Hehe......
Tak perlu berpanjang kata kita langsung saja ya. Ke materi acara Ngobcan BP di Gokana Ramen and Teppan, kali ini:

How To Monetize Your Blog : Affiliate Marketing
Sesi perdana diawali oleh Involve Asia terkait How To Monetize Your Blog, Affiliate Marketing. Keren kan? Biar bagaimanapun yang namanya bisa menghasilkan uang dari blog itu pasti seru dong! :D Materi ini dibawakan oleh Andre Gustam yang cute. Hahay! Andre menjabat sebagai account manager di Involve Asia.


Udah pada tau belum, Involve Asia itu apa? Kalau mau info lebih detil ada sama simbah Gugel atau pakcik Wiki, dkk. Monggo digugling yaa ;)
Anyway, kami diperkenalkan pada apa itu affiliate marketing. Nggak rugi ikutan, saya pun makin paham jadinya apa itu Affiliate Marketing. Affiliate Marketing   adalah cara menghasilkan uang dari internet (khususnya via blog untuk blogger). Dimana, saat kamu mempromosikan produk yang bukan milikmu (tapi milik orang lain), dan terjadi transaksi atau penjualan. Maka si pemilik produk akan memberimu komisi. Komisi ini bernama CPS atau Cost Per Sales. 

Apakah mudah menghasilkan uang dari Affiliate marketing? Jawabannya bisa ya dan tidak. Sebab semua bergantung pada beberapa hal seperti :
- Komitmen
- Pengalaman
- Traffic Blog

Misalnya, mataharimall yang merupakan salah satu rekanan dari Involve Asia, kamu promosikan di blogmu. Kemudian pengunjung yang datang ke blogmu akan melakukan klik pada banner ads mataharimall dan melakukan pembelian produk. Maka setelah terjadi transaksi, kamu akan mendapatkan komisi (CPS) tadi.

Cara Kerja Affiliate Marketing ini bisa dengan menggunakan :
-resource page, yaitu page dengan konten yang spesifik.
-sidebar banner ads, banner-banner untuk iklan yang ditaruh di halaman blog.
-within blog post,bikin sponsored post dan affiliate link tadi ditaruh di dalamnya
-within product, biasanya dalam blog tertentu ada pilihan produk yang diberi pilihan dibawahnya berupa referensi atau penjelasan, sehingga pembeli merasa puas karena mendapat penjelasan atau review terkait produk yang hendak mereka beli.

Semuanya Senang
Bisa dikatakan bahwa affiliate marketing merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan uang dari blog yang bikin semua pihak senang. Kamu senang karena dapat komisi, perusahaan senang karena mendapatkan sales, pembeli senang karena mendapatkan produk yang dicari plus dapat info gratis berupa referensi terkait produk yang akan dibeli tersebut.

So, nggak ada ruginya jika kamu memilih affiliate marketing sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari blog. Selain gratis, hemat biaya, tidak perlu repot untuk melakukan pengiriman barang yang hendak dijual, nggak perlu menyediakan gudang penyimpanan, waktunya juga fleksibel, kamu bisa kerja di mana saja dan nggak membutuhkan customer support.   

Selain itu Andre juga memberikan tips untukmu agar bisa menjadi affiliate marketer yang sukses yaitu :
1. selling rather than helping; jangan langsung jualan alias kentara banget jualannya
2. too many ; blogger harus fokus. Misalnya  blognya tentang beauty maka sebaiknya fokus di beauty product. Sesuai demand visitor blognya.
3. not testing; lakukan tes pada link affiliate marketingmu. Apa sudah mengarah ke target atau tidak
4.not tracking; jangan lupa tracking supaya bisa punya data untuk lihat market kita di mana
5.not research; lakukan riset. Tes apa blognya lebih berat pada kategori tertentu. Misalnya blog travel, blog kuliner, dsb
6. the wrong merchant;  jangan sampai memilih merchant yang keliru untuk diajak kerjasama
Semua hal yang disebutkan diatas harus disimak ya,  jika kamu ingin menjadi affiliate marketer yang sukses!

Why Involve Asia?
Nah, terakhir jika kamu berminat ingin mendapatkan uang dari blog via affiliate marketing dan mau nanya-nanya, mengapa harus memilih Involve Asia monggo langsung ke Andre Gustam saja ya di andre@involve.asia

Dewaweb Company
Karena waktunya sangat terbatas, kami pun lanjut ke sesi kedua. Bertemu Yohanes dari Dewaweb.
  
Kalau kamu sudah punya blog atau minimal kamu blogger, kamu pasti tau dong apa itu hosting dan domain. Hosting adalah tempat kita menaruh web kita.
Nah, Dewaweb ini merupakan sebuah perusahaan hosting di Indonesia. Hostingnya bukan sembarang hosting tapi cloud hosting. Mau tau apa itu cloud hosting? Yuk, kita simak pemaparan dari Yohannes yang sekilas mirip pemain drama seri Korea ini ^_^
Yohannes bilang, kalau cloud hosting servernya sudah tak kelihatan dari awal. Cloud hosting ini teknologi terbaru beda dengan hosting biasa. Hosting itu ibarat rumah atau tanah. Jika kita salah memilih mempercayakan  bisnis online kita pada hosting abal-abal. Maka bisnis kita tentu akan terancam



PT. Dewaweb memiliki visi untuk menjadi sebuah perusahaan terpercaya di Indonesia khususnya untuk bidang SSD cloud hosting, cloud servers, managed services, domain dan SSL Certificates.
PT.Dewaweb ini merupakan perusahaan hosting pertama di Indonesia yang berhasil mendapat persetujuan dari Symantec Corporation untuk mendapatkan SSL EV Certificate yang sangat prestisius itu. Dimana sertifikasi ini pada umumnya hanya mampu diraih oleh 500 perusahaan Top Fortune.

Garansi
Dewaweb tak main-main dengan pelayanan terhadap customer sehingga berani memberi garansi   5% dari biaya hosting bulanan dalam waktu 1 jam, jika terjadi  failure. Padahal dengan cloud hosting resiko yang terjadi bisa diminimalisir.Tak heran banyak yang sudah menjadi pelanggan VIP Dewaweb.

                                       

Pentingnya FB Ads
Dan bener aja, sesi terakhir itu memang selalu ‘lebih’ dari sesi sebelumnya. Ibarat kata sesi satu dapat padi serumpun, sesi dua dapat padi dua rumpun, sesi tiga dapat padi 3 rumpun. Jadi dapatnya total 6 rumpun.
Halah, perbandingan apa ini :D
Yang penting pesan saya nih, kalau ladies mengikuti suatu acara khususnya Ngobcan BP, ikutin sampai selesai. Karena kunci emasnya ada di sesi terakhir. Nah, inilah yang saya dapatkan di sesi terakhir ini. Kunci emas yang diberikan oleh Iqbal Maulana CEO di PT.Optima Digital Advertisa yang masih muda usia ini.
Tentang bagaimana meningkatkan traffic ke blog kita dengan bantuan FB Ads. berbayar? Ya, tentu dong. Tapi imbalan yang didapat seimbang dengan bayaran yang dikeluarkan. Dan tentu saja Iqbal berbagi banyak tips untuk memaksimalkan traffic ke blog kita. Sayangnya postingan ini sudah terlalu panjang. Saya akan lanjut di postingan berikutnya, inshaallah ^__^


10 komentar:

  1. aku pengen nyobaik facebook ads nya mumpung sudah punya fanpage :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap Mb.Tuti.Nanti sharing yaa tentang fan page dan FB Ads yaa ;)

      Hapus
  2. Ya mbak. Gak semua member BP bisa ikutan acara yang diadakan. Seperti diriku yang di daerah.. Hiks..hiks..tapi dari tulisan ini, saya bisa banyak dapet ilmu juga...makasih ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mb.Nurul :) Kalau ada yg mau ditanyakan lagi,monggo (y)

      Hapus
  3. Keren banget! Coba sekali2 ngobcan di daerah.. Hehe.

    Makasih ulasannya mba Aira.. Dulu aku penasaran sama involve asia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mb.Arina.Senang bisa berbagi :)

      Hapus
  4. Afiliasi hrs sabarrrr bgt
    Gak pp tambah ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju :) Udah nyobain aff apa saja mbak Jiah?

      Hapus
  5. Aku belum pernah main afiliasi, coba ah

    BalasHapus
  6. pengen ikutan juga nih Mbak,, sayangnya di daerah :(

    BalasHapus