Skip to main content

5 Cara Menulis Konten Blog

Konten blog merupakan sebuah keharusan jika Ladies memutuskan untuk memiliki sebuah blog. Maksudnya?
Konten jika
merujuk pada wikipedia adalah

cara menulis artikel konten untuk blog



Belajar sembari jalan
alias learning by doing. Itulah prinsip saya dalam dunia blogging. Seiring waktu, saya pun menyadari betapa dahsyatnya peran konten di dalam memberi warna pada sebuah blog. Konten yang positif akan mampu memberi warna positif juga pada sebuah blog. Tak hanya sekedar mengandalkan keyword untuk mendongkrak SEO. Hal yang sejak lama saya yakini seiring dengan profesi saya yang juga penulis artikel konten. 

Aksara Bermakna  
Aksara tak hanya sekedar rangkaian kata di dalam menulis konten untuk blog. Mereka memberi makna lebih daripada itu. Pembaca bisa terpengaruh oleh tulisan yang dibacanya. Jadi, jangan anggap sepele aksara yang kemudian dirangkai menjadi kata di dalam sebuah konten dalam blog.
Jika kamu baru saja mulai belajar menulis di blog, tak ada ruginya untuk terus mengasah kemampuan. Banyak keuntungan yang akan diraih jika kamu memiliki tulisan yang mumpuni.

Caranya adalah dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:
1.      Tulislah konten untuk blog yang khas alias unik
Banyak blogger di dunia maya sekarang ini. Ada blogger yang menggunakan konten berbayar dan ada juga yang menulis artikel konten sendiri. Apapun pilihanmu. Pastikan bahwa konten blogmu itu unik. Karena hal itu mampu membedakan blogmu dari blog lainnya.

2. Tulislah konten yang berbobot
Di dalam sebuah postingan, harus ada pesan yang tersisip di dalamnya. Atau harus ada sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang yang membacanya. Belajarlah untuk bisa mengekspresikan pesan yang ingin disampaikan melalui tulisanmu.

3. Mudah dimengerti
Tulislah tentang sesuatu yang mudah dipahami.  Jadi, kamu harus tahu bagaimana cara menggunakan kata-kata yang mampu menyentuh rasa pembaca sehinga mereka terpesona oleh blogmu. Dan tak mampu berpaling ke lain hati ;)

4.Teruslah menulis
Jika kamu seorang blogger, hadapilah kenyataan ini.  Blogging sama dengan menulis. Bisa berarti menulis konten untuk diposting, bisa juga menjadi penulis tamu di blog orang, bisa jadi menulis review, menulis ebook atau lainnya yang terkait menulis.
Jika kamu merasa dirimu masih menjadi seorang penulis yang  masih butuh waktu untuk merangkai kata demi kata untuk bisa menjadi sebuah kalimat yang memikat, maka kamu harus berjuang! Berlatihlah lagi! Karena kuncinya hanya ada pada tulisan yang memikat.

 5.Sekarang atau tidak sama sekali
Jika kamu ingin blogmu naik tingkat, ingin menghasilkan sesuatu dari blog. Maka tak ada pilihan lain kecuali menulis. Jadi, lakukanlah sekarang juga atau tidak sama sekali.

Itulah 5 kata kunci untuk menulis konten di blog. Lalu, bagaimana caranya agar bisa menjadi penulis yang lebih baik?

Berikut tipsnya:
Banyak Baca
Dari semua  guru menulis yang pernah saya kenal, selalu memberikan solusi yang satu ini. Baca. Baca. Baca.
Bacalah buku, majalah, koran, dan bacalah  blog orang lain. Saat sedang membaca, perhatikan gaya menulis si empunya tulisan. Apa yang membuatnya menjadi unik.

Gaya Bicara
Bagaimana gaya bicaramu sehari-hari? Nah, menulislah seperti layaknya sedang berbicara pada teman. Sampaikan pesan yang ingin kamu sampaikan. Jadilah dirimu sendiri. Jangan paksa dirimu untuk menulis bak pujangga. Atau meniru gaya tulisan blogger kesukaanmu.
Demikianlah 5 cara menulis konten blog dari saya, semoga bisa bermanfaat ^__^


Comments

  1. kalau saya..paling enak memang nulis seperti gaya bicara sendiri,lebih asik rasanya..kl terlalu formal malah aneh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali Mbak, itulah bedanya antara blogger dengan jurnalis :)

      Delete
  2. Eyd perlu ga mbak? Aku kalo gaya bicara hancur lebur eyd-nya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. EYD is a must Mbak Sri ;) Namanya juga menggunakan bahasa Indonesia baik dan benar, ya kan? ^__^

      Delete
  3. Senang deh dpt ilmu begini. Iya mba yg perlu itu menulis ya sicoba terus ya.. rajin berlatih

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, mohon maaf karena komentar akan dimoderasi dulu. Mohon ditunggu kunjungan balik saya ^__^

Popular posts from this blog

Kok Obat Tetes Mata Bisa Terasa Pahit di Lidah

                                                                Image: pinterest.com Nah, pertanyaan ini bermula saat ada keluhan di kedua mataku. Selama ini alhamdulillah mataku tak pernah bermasalah. Namun entah mengapa beberapa bulan terakhir ini mataku mudah sensitif terhadap debu membuatnya terasa gatal. Dan rasa gatal ini sangat menganggu kalau dibiarkan. Akhirnya biar nggak gatal lagi kedua mata kukucek. Memang rasa gatal berkurang tapi akhirnya gerakan kucek mata jadi nagih. Mata jadi bengkak dan berair. Akhirnya aku pun menyerah dan pergi periksa ke dokter. Chloramphenicol Pertama kali mengenal zat ini dari isi kandungan obat tetes mataku yang bermerk Reco. Obat tetes mata ini diresepkan oleh dokter di puskesmas karena ada keluhan pada mataku. Yaitu  sensitif pada debu. Juga mudah gatal hingga rasanya tangan pengen ngucek-ngucek sampe mata jadi merah. Akhirnya pada suatu kesempatan aku nyerah dan pergi periksa. Aku diberi satu jenis obat saja karena memang yang b

Serum dalam Perawatan Kulit, Pentingkah?

  Dear ladies, kesibukan dalam keseharian di rumah mengurus keluarga maupun di luar rumah tentu saja berpengaruh dalam ritne atau jatah waktu untuk memberikan perhatian pada perawatan kulit kita. Namun, tentu saja kita harus tetap peduli dong pada perawatan diri sendiri. Termasuk update informasi terkait produk apa saja yang bagus untuk perawatan kulit kita. Misalnya terkait topik skincare dan serum. Penggunaan skincare dan serum dalam perawatan kulit sekarang ini seakan menjadi suatu hal yang jamak dalam khazanah perawatan kulit di Indonesia. Sesuatu hal yang mungkin beberapa waktu lalu mungkin masih jarang terdengar di telinga kita.Ladies pun mungkin bertanya-tanya mengapa serum bisa menjadi bagian penting dalam rutinitas perawatan kulit kita di saat sekarang. Nah, jawabannya sebenarnya sederhana. Karena, menurut hasil riset para ahli terkait, serum memiliki sejumlah keunggulan yang sayang kalau kita lewatkan. Berikut pemaparannya,  a.       Serum   mampu menyerap lebih dalam

Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah

“Kek Seno kenapa, Pa?” bisikku penasaran. Punggung pria tetangga depan rumah kami itu semakin menjauh. Mengiringi langkahnya yang terseok masuk kembali ke dalam rumahnya. Suamiku menghela napas berat, “Kasihan sekali Kek Seno, Ma. Dia kehilangan pekerjaannya di pabrik panci. Ada peremajaan karyawan, katanya.” “Iya sih. Aku sudah dengar kabar itu. Tapi kan Kek Seno, dapat pesangon dong!” Suamiku menggeleng. “Lho, masa enggak sih?