Minggu, 14 Februari 2016

10 Khasiat Daun Mint untuk Anda

Share on :
Saat duduk di serambi sebuah villa di puncak, aku merasa sangat nyaman  berada dekat rimbunan tanaman menjalar berwarna hijau segar tanpa bunga. Awalnya masih belum yakin, tanaman apakah itu. Hingga mamang penjaga villa memberitahu bahwa itu adalah tanaman mint.
Wow! Akhirnya, aku bisa melihat dan merasakah sendiri tanaman mint itu. Sensasinya beda dari tanaman herbal lainnya,baik dari segi aroma maupun rasanya yang segar banget saat dikunyah. Membuatku penasaran mengenai kandungan yang dimiliki oleh si daun mint ini.

10 Khasiat Daun Mint 
1. Daun mint yang awalnya lebih dikenal di wilayah Eropa dan mediterania ini mengandung antioksidan yang mampu memberi rasa nyaman dan rileks. tak heran bila daun mint juga digunakan
untuk aromaterapi di spa dan juga dalam sesi yoga.
2. Mungkin ada yang penasaran mengapadaun mint bisa memberi rasa dingin yang segar. Hal ini disebabkan karena daun mint mengandung antispasmodic, zat ini berkhasiat membantu mengendurkan otot dan syaraf yang tegang. Wajar  bila salep nyeri otot juga memiliki kandungan mint di dalamnya.
3. Daun mint mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.
4. Kandungan  vitamin E dan vitamin D di dalamnya sangat berguna untuk perbaikan  perbaikan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel-sel kulit baru.
5. Daun mint memiliki kandungan zat yang bisa mengatasi alergi pada kulit yang gatal-gatal karena  ulah jamur atau bakteri.  
6. Daun mint menjaga kesehatan sistim pencernaan kita karena kandungan fitonutrien dan antioksidan di dalamnya bahkan bisa meminimalisasi resiko kena kanker usus besar. 
7. Kadar antioksidan yang dimilikinya  membantu melawan efek buruk radikal bebas 
8. Daun mint juga membantu kita dalam merawat kesehatan mulut karena daun mint mengandung zat anti  inflamasi dan anti bakteri. Sehingga gigi akan terjaga dari kerusakan gigi permanen.                                                                                    
9. Daun mint mengandung mineral antara lain fosfor dan kalsium yang cukup membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi 
10. Daun mint bisa membantu memperbaiki selera makan yang buruk, terutama pada anak-anak yang susah makan 
masih banyak khasiat daun mint yang lainnya. Karena demikian banyak khasiatnya, wajarlah kalau daun mint akan selalu dicari dan dibutuhkan. 
Indonesia sebagai negeri beriklim tropis dan memiliki tanah yang subur memiliki peluang untuk membudidayakan tanaman mint ini karena nilai ekonominya yang tinggi.


Apakah tanaman mint bisa tumbuh di Indonesia? 
Ternyata tanaman mint bisa tumbuh di Indonesia, buktinya adalah tanaman mint yang saya bawa dari villa Ricky di puncak ini. Di sana daun  mint ini tumbuh subur.  Membuatku memutuskan untuk membawa bibitnya ke Jakarta. Agak kuatir juga apakah dia akan bisa tumbuh dengan baik sesampainya di Jakarta.
Dan ternyata bener saja, daun mint yang dengan susah payah kubawa dari puncak sampai pada akhir perjalannnya. Sedih :(  Namun aku akan coba tanam lagi. Sekarang mau berburu bibitnya dulu. Mau ikutan? ^__^


9 komentar:

  1. bisa buat lalap juga klo di resto sunda ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di resto sunda biasanya kemangi mb Gustya :) Kemangi juga banyak khasiatnya, ga kalah dg daun mint ;)

      Hapus
    2. Yang di resto sunda biasanya kemangi mb Gustya :) Kemangi juga banyak khasiatnya, ga kalah dg daun mint ;)

      Hapus
  2. di rumah ortu ku ada pohon mint ini mbak, tetangga sering ambil, pohonnya subur banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa, beneran mb Tuty? Di daerah mana tuh? Kok bisa subur banget? Bagi tipsnya dong n fotonya jugaa. Hehe *terobsesidaunmint

      Hapus
    2. Waa, beneran mb Tuty? Di daerah mana tuh? Kok bisa subur banget? Bagi tipsnya dong n fotonya jugaa. Hehe *terobsesidaunmint

      Hapus
  3. Wiiih baru tahu kasiat daun mint banyak banget. Mau nyoba nyari juga ah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ayuk! Ga rugi nanem daun mint di rumah ^_^

      Hapus
    2. Iya, ayuk! Ga rugi nanem daun mint di rumah ^_^

      Hapus