Selasa, 08 Desember 2015

Golongan Darah B VS Lemas!

Share on :
Menyebalkan adalah kata yang tepat saat tubuhmu terasa ga bugar tapi kau tak tahu apa penyebabnya. Itulah yang terjadi pada saat ini.
                                                             pic : http://img.thesun.co.uk/
Saya merasa lemas, padahal saya sudah sarapan. Saya ga begadang. Saya tidur cukup. Dan saya tidak bekerja melebihi kapasitas kerja biasa.

Lalu dimana salahnya?
Akhirnya saya, mencari tahu. Yang pertama adalah dengan mengecek melalui golongan darah. kali ini adalah khusus untuk golongan darah B.
Mengapa orang bergolongan darah B mengalami lemas?
Ternyata makanan yang masuk ke dalam tubuh juga memberi pengaruh pada kebugaran tubuh. Lha iyalah. Kalau gak makan mana bisa tubuh begerak? Hohoho! :D
Tapi masalah lebih dalamnya adalah pada apa saja jenis makanan yang masuk. Nah, ternyata gak semua jenis makanan bisa dikonsumsi oleh semua orang. Kalau dikaji lebih jauh lagi ternyata setiap orang memiliki karakteristik tertentu yang membuat dia lebih cocok dengan jenis makanan tertentu pula. Misalnya bila dikaji dari pengaruh makanan untuk golongan darah. Nah, dalam hal ini saya akan membahas jenis makanan untuk golongan darah B.
Karena awam dan gak mau lama, Saya pun menggunakan dunia maya untuk bertanya.
Nah, dimulai dengan kata kunci di atas, saya pun mulai bertanya-tanya pada simbah. Mungkin di antara ribuan artikel yang simbah Google punya, saya bisa menemukan jawabannya.
Kata salah satu artikel via simbah G, orang yang memiliki golongan darah B ini sangat rentan kena penyakit akibat virus, stress dan bakteri. Juga mudah terkena diabetes.
Namun di sisi lain, orang yang memiliki golongan darah B ini tangguh terhadap penyakit berbahaya lain seperti tumor dan kanker.
Karena rentan terhadap risiko diabetes, virus, bakteri dan stress, maka dia harus menjaga asupan makanannya.
Sebagaimana pepatah tua,"You are what you eat."
Aneka jenis daging kecuali daging asap dan daging ayam,sangat bagus untuk kesehatan orang bergolongan darah B.
Daan, ta daa! Ternyata yang bikin lemas itu ternyata malah biji-bijjian. Orang bergolongan darah B ternyata gak cocok makan biji-bijian seperti jagung, gandum, biji wijen dan kacang tanah. Biji-bijian di atas sangat memengaruhi metabolisme tubuh mereka.
Menimbulkan rasa lemas karena metabolismenya yang kurang. 
Selain beberapa jenis biji-bijian, beberapa jenis buah dan sayur juga tak dianjurkan untuk 
mereka yang bergolongan darah B.
Misalnya Tomat yang bila dikonsumsi bisa menimbulkan reaksi alergi plus menjadi sumber penyakit autoimun.
Sebaliknya orang bergolongan darah B dianjurkan mengosumsi wortel dan aneka sayuran hijau salah satunya adalah brokoli.
Selain sayuran, daging kambing, domba, kelinci, daging rusa dan daging organik juga baik untuk dikonsumsi. Plus ikan salmon, kerapu, dan aneka jenis ikan lainnya.
Nah, makanlah telur satu butir dua kali seminggu plus minum susu skim dalam jumlah terbatas juga dianjurkan. Susu kambing juga boleh tapi dalam  jumlah terbatas. Termasuk keju yang terbuat dari susu kambing, keju mozarella, keju ricotta, keju feta plus produk olahannya seperti yoghurt beku yang bisa dimakan dengan kombinasi buah. Buah pisang, nanas, anggur, pepaya bisa dijus atau dimakan langsung. Anda juga dianjurkan untuk mengosumsi  jus lemon setiap hari. Hmm... ternyata semuanya berawal dari makanan. 

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Untuk golongan darah O, beda treatmentnya Anisa :)

      Hapus
  2. Saya jg O mba anisa. Malah berbalik dgn B, metode dietnya justru hrs menghindari daging2an ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, beda golongan darah beda metode dietnya :)

      Hapus