Rabu, 09 September 2015

9 Tips Cara Aman Membeli Rumah Impian

Share on :
"Ada rumah dijual murah nih, komplit dengan isinya sekalian!"
"Benarkah?" info ini bikin mata saya membelalak takjub.
Mengapa tidak. Setelah sebulan lebih wara wiri di sekitar pinggiran Jakarta Selatan, akhirnya ada info rumah murah di lokasi strategis plus perabotannya lagi!
Namun, namanya wanita, tetap saja. Meski tawaran itu terdengar menguntungkan harus tetap teliti.
Dan olala! Setelah cek dan ricek lagi, ternyata itu rumah punya kisah ...
Seorang remaja tewas gantung diri di dalam kamarnya di rumah tersebut!
Jadi, itulah alasannya mengapa rumah tersebut ditawarkan dengan harga murah plus semua isi di dalamnya.

pic from: wwwrumahkucom

Ladies, ternyata mencari rumah non kredit untuk dibeli itu gampang-gampang susah. Gampangnya, karena sebenarnya tiap hari banyak rumah yang ditawarkan hampir di semua wilayah di Indonesia. Namun yang bikin nggak gampang itu, lebih banyak lagi. Mulai dari segi alasan mengapa rumah itu dijual (ini jadi penting jika akhirnya terkait dengan kisah di atas), hingga urusan anggaran.

Nah, karena saya sudah merasakan sendiri suka dukanya, inilah saatnya berbagi 9 tips cara aman membeli rumah impian :
1. Mantapkan dulu, mau beli rumah di daerah mana?
2.Tentukan mau beli rumah baru atau rumah lama?
3.Siapkan anggaran. Anggaran ini sudah dilebihkan tentunya seperti meliputi dana  biaya lain-lain (notaris, pajak, balik nama, dll)
4.Mulai deh hunting alias berburu. Enaknya berburu rumah ya karena yang diburu gak jalan kemana-mana, jadi bisa dilihat dan dikunjungi kapan saja. Namun yang gak bisa diprediksi itu kapan bisa ketemuan sama si penjual rumah tersebut.
Makanya dibutuhkan alat komunikasi untuk bikin janji kapan bisa ketemuan dengan si penjual dan melihat lokasi rumah yang hendak dijual.
5. Pertimbangkan jasa makelar alias broker. Karena jika Anda termasuk orang sibuk, maka Anda buruh bantuan orang lain untuk mencari informasi mengenai rumah yang ingin Anda beli
6.Sabar. Membeli rumah bukan membeli kacang goreng. Anda tinggal bayar, si penjual bungkus dan kacang gorengnya bisa langsung dibawa pulang
7. Teliti. Jika Anda sudah mendapatkan rumah yang Anda impikan selama ini. Telitilah dahulu. Cek apakah rumah itu bermasalah atau tidak. Anda bisa menggunakan jasa notaris untuk melakukan pengecekan mengenai keabsahan surat-surat rumah tersebut.
8. Selesaikan pembayaran secara penuh hanya jika proses balik nama di notaris sudah beres. Ini untuk berjaga-jaga supaya tidak timbul masalah sementara semua uangnya sudah Anda bayarkan.
9. Belilah rumah sesuai dengan kemampuan keuangan dan Anda merasa nyaman di dalamnya.

Demikianlah sedikit pengalaman saya berburu rumah, pada akhirnya setelah semua logika beraksi tetap saja akhirnya hati yang bicara ^___^

2 komentar: