Sabtu, 12 September 2015

Si Item Manis dari Tirta Sanita

Share on :
Selalu ada yang menarik dari setiap kunjunganku ke daerah ini. Saat itu temaram mulai menghinggapi kawasan wisata air panas Tirta Sanita Ciseeng. Aku dan suami berjalan menelusuri kawasan gunung kapur menunggu azan magrib memanggil.
Kawasan wisata itu mulai senyap. Para pemondok sudah masuk ke dalam pesanggrahan. Wahan-wahana sudah tutup. Hanya para sekuriti yang terlihat di sana sini seiring pergantian jam kerja.

Dari balik gunung kapur terlihat sesosok ibu berjalan perlahan. Di tangan kanannya dia menjinjing sebuah keranjang plastik berwana hijau muda bertutup daun. Melihat kehadiran kami, dia pun bergegas menghampiri. menawarkan dagangannya. Yang ternyata sudah hampir habis.

"Apa itu, Bu? "
Saya melihat bungkusan makanan mirip lontong tapi daunnya masih hijau segar bagaikan belum dimasak.
"Ini uli, Bu," jelasnya. Dengan sigap dia menyodorkan pada saya.
"Oh, uli. Saya tau, ini dari ketan kan?"
"Benar. Dimakannya dengan ini," dia menyodorkan bungkusan plastik kecil berwarna kehitaman.
Hmm...
dari aromanya saya bisa menduga apa itu...




"Tape ketan item!" my favorit yummy history ^_^
Tanpa ragu saya mebeli sepasang makan itu. Dengan hargayang sangat terjangkau. Hanya lima ribu rupiah, kami bisa menikmati uli plus tape ketannya.



                                 




Dan jangan salah mengenai porsinya. Saya tak mampu menghabiskan semua lho. Uli ketannya mungkin seberat duaratus gram! Meski dari penampakannya terlihat ramping. Sedangkan si item manis kesukaanku itu rasanya bener-bener manis seger, dan meski terlihat kecil tapi ternyata banyak juga isinya.
Kami pun kekenyangan sehingga batal pergi makan malam itu ^__^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar