Rabu, 12 Agustus 2015

Cantik dan Awet Muda dengan Ubi Ungu

Share on :
Ladies, jika ingin awet muda konsumsilah ubi ungu ^_^



                                                       Image : carakhasiatmanfaatcom 

"Halah, ubi ungu. Itu kan hanya sejenis umbi-umbian yang tumbuh di desa?" mungkin ada sebagian orang menganggap remeh.

Memang, jika dibanding aneka buah impor, tentu saja si ubi ungu kalah pamor. Tapi, jangan salah. Ternyata si ubi ungu ini memiliki kandungan berkhasiat yang mampu menjaga kulit kita agar tetap kenyal. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C di dalam si ubi ungu. Vitamin C inilah yang akan memproduksi kolagen yang sangat dibutuhkan untuk elastisitas kulit.

Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, si ubi ungu juga merupakan sumber antioksidan yang bekerja mencegah terjadinya penggumpalan darah plus juga  bisa menetralisir efek-efek buruk dari pencemaran udara, dan polusi lainnya.

Rahasia Warna Ungu
Ternyata dibalik warna ungunya yang cantik itu, pada zat antosianin yang merupakan pigmen warna ungu pada ubi jalar ungu ini memiliki khasiat sebagai antioksidan.  Dan juga bisa melancarkan aliran darah yang membeku.  Hmm... kemungkinan bisa nih jadi solusi varises di betisku sepertinya ;)

Ubi ungu yang mengandung betakaroten, vitamin E dan vitamin C ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit kardiovaskuler dan sel-sel kanker. Pass banget untuk yang hobi food combining dan mencoba hidup sehat ;) 

Apalagi pencernaan, akan semakin jauh dari gangguan sembelit dan wasir. Karena ubi ungu juga kaya akan pektin dan serat. Di beberapa wilayah Afrika, ubi jalar merupakan sumber karbohidrat di dalam makanan mereka sehari-hari.

Selain itu karena kaya akan betakaroten, otomatis mengosumsi ubi ungu juga akan membawa pengaruh baik bagi kesehatan mata kita.

Untukmu para Ladies yang sedang diet, jangan takut mengosumsi ubi ungu. Meskipun memiliki kandungan gula, tapi si ungu nan cantik ini tetap aman bahkan untuk penderita diabetes sekalipun. Si ubi ungu bisa menjadi salah satu alternatif pengganti karbohidrat karena lebih aman dibanding nasi.

Cara Mengosumsi 
Ubi ungu sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan sudah dikukus atau dibakar. Jika dikonsumsi dalam bentuk makanan olahan lain, sudah pasti komposisi gizinya akan banyak berubah atau bahkan berkurang.

Ubi ungu juga bisa dijadikan bahan salad yang segar atau rujak lho! Jika kamu bosan memakannya dalam bentuk ubi rebus atau ubi panggang.


                                                             image: sehatpluscom

Namun tak ada salahnya mencoba aneka masakan berbahan ubi ungu seperti brownies, kue-kue, agar bahkan es krim. Selama tidak dikonsumsi secara berlebihan tentunya. So, keep healthy keep happy!^__^

10 komentar:

  1. Aku suka banget ubi ungu ini. Tapi kalo dibikin kolak, kurang bagus, kuahnya jadi ungu gelap ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya mak, karena kandungan betakarotennya yang banyak itu bikin warna ungunya pekat banget ya :D Tapi kalau bikin pie ubi ungu sepertinya enak juga tuh ;)

      Hapus
  2. Makanan kesukaan nih..
    Ubi ungu..
    Biasanya sih aku rebus mak, gt aja udh enak, apalgi dimakan anget2, tra pas laper lapernya..maknyuusss..
    Tengkiu infonya y mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samma mak. Direbus juga udah maknyuss yaa :D

      Hapus
  3. memang ubi ungu itu lebih manis daripada ubi biasa dan sekarang olahan ubi sudah beraneka ragam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mak. Orang Indonesia kan dikenal kreatif ;)

      Hapus
  4. Ini kesukaanku. Banyak banget di Gunung Kawi. :D

    BalasHapus
  5. Duh, baru tau kalau bisa di buat salad dan es krim. Kreatif banget ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk bikin juga mbak! Orang Indonesia kan kreatif ;)

      Hapus