Selasa, 23 Juni 2015

Rambutan Si Buah Cantik Multiguna

Share on :
Ladies, pasti sudah pada tahu ya kalau Rihanna si penyanyi bersuara cantik itu penyuka buah rambutan?
Wah. Jadi heran kan? Apa sih istimewanya buah berambut merah ini? Di saat banyak diantara kita lebih tertarik dengan buah-buahan impor seperti apel washington, anggur, peach dan sejenisnya,
penyanyi Amerika ini malah terpesona makan rambutan. Salah satu buah dari negeri  tropis yang bahkan tak bisa tumbuh di Amerika sana.
Nah, mau tahu hal apa saja yang membuat rambutan istimewa? Berikut sejumlah keistimewaan buah rambutan:




7 hal yang menarik tentang buah rambutan:
1. Buah rambutan lebih suka tumbuh di daerah tropis yang bersuhu tropis sekitar 25 derajat Celcius.
Tingginya  bisa mencapai  8 meter!

2. Bernama  latin nephelium lappaceum, si cantik berwarna cerah ini hanya bisa ditemukan tersebar di  kawasan tropis seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, Filifina, Vietnam, dan sejumlah pulau-pulau di kawasan asia tenggara.  Meskipun demikian rambutan juga bisa tumbuh di kawasan Afrika, Karibia dan Amerika Tengah.

3.Komposisi nutrisi yang dikandung oleh rambutan antara lain adalah  vitamin C, kalsium, zat besi, protein, sodium, zinc,  magnesium, vitamin A, thiamin, riboflavin, fiber, dan sejumlah nutrisi lain, membuat para ahli kesehatan menyimpulkan bahwa  mengosumsi 5 buah  rambutan setiap hari bisa meminimalisir serangan kanker! Selain itu  buah rambutan juga efektif  dalam menurunkan tekanan darah .

4. Rambutan dikenal juga dengan sebutan tanaman multiguna. Karena bukan hanya buahnya saja yang bermanfaaat. Minyak minyak biji rambutan biasanya digunakan untuk pembuatan lilin dan sabun. Daun dan akar pohon rambutan juga biasa digunakan utnuk pengobatan.

5.Mengingat fungsinya yang multiguna, budidaya rambutan bisa menjadi salah satu alternatif sumber penghasilan bagi penduduk Indonesia. Karena buah rambutan tak hanya bisa disantap dalam keadaan segar. Buah rambutan juga bisa diolah menjadi aneka penganan seperti manisan rambutan, buah rambutan kalengan, kripik rambutan, dan sebagainya. Produk-produk ini  bisa diekspor ke manca negara sehingga menjadi tambahan devisa untuk negara kita.

Demikian sesi berbagi kali ini. Semoga bisa menginspirasi ^__^

2 komentar:

  1. wah baru tau nih kalo rihanna suka rambutan :D
    kira-kira ada gak yaa artis hollywood laen yang suka buah duren?

    mak blognya udah aku follow yaa..
    yuk kita saling follow #KEB
    daridan.blogspot.com ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baca tentang Rihanna di sebuah majalah luar mak. Kalau ada artis Hollywood yang suka duren ga tau juga ya? mungkin ada hehe :D Thanks dah follow blog aku. Aku follback ya ^__^

      Hapus