Sabtu, 21 Februari 2015

Memilah Berita diantara Banyak Berita Sampah

Share on :
Di era yang serba canggih sekarang ini, kita bisa mendapatkan sejumlah berita atau info dengan mudah melalui berbagai sumber. mulai dari koran, majalah, radio, televisi bahkan melalui internet.
Namun ternyata tak semu info yang tersedia itu benar adanya. banyak juga yang hanay berupa berita mengada-ada yang ditampilkan dengan baiknya sehingga terlihat layak untuk dikabarkan.
Berita seperti ini kadang bisa menyesatkan.
Misalnya, seorang siswa yang sedang disuruh mengerjakan tugas mengenai suatu hal. Misalnya mencari semua info mengenai tumbuh kembang ikan Arwana.
Setelah sang siswa mengumpulkan informasi-informasi yang dibutuhkan, dia lalu akan mulai menulis makalahnya.
Namun sayangnya, yal semua informasi itu benar sementara makalah sudah selesai dan akhirnya mendapatkan nilai yang kurang memuaskan.
Jadi, bagaimana caranya supa bisa mendapatkan informasi yang terpercaya? Jawabnya adalah dengan melihat si pemberi informasi atau sumber informasi tersebut.
Cek juga jam terbangnya. Sudah berapa lama dia menjadi si penyaji informasi. Dan salah satu tips berikutnya adalah cek sejarah kerjanya alias portofolionya. Pernahakah si penyaji informasi ini terkait sengketa yang bersumber dari penyajian informasi yang salah?
Memang, era bebas informasi seperti sekarang ini menuntut kita untuk bisa lebih bijak dalam memilih berita.



2 komentar:

  1. nice share mbak, kadang artis cuma makan di warteg aja jad berita hehe, atau kadang mencari2 kesalahan untuk diberitakan, saya sudah jarang memantau berita hehe, soalnya kadang suka bikin esmosi, mending baca berita temen2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget Mb Evrina, makanya televisi di rumah sekarang mati suri karena anak-anak lebih saya arahkan untuk membaca buku-buku bermutu daripada nonton tayangan nggak jelas

      Hapus