Minggu, 23 Maret 2014

DPTalk :Transaksi Praktis dalam 1 Gadget untuk Netizen yang Aktif

Share on :
Awalnya aku ragu untuk datang ke acara ini, lihat saja undangannya :

kata Gadget -nya itu loh :D Aku kan 'belum' punya Gadget :P

Untung saja Mbak Ani Berta kemudian menjelaskan  kalau aku nggak harus punya Gadget jika ingin hadir di acara Talkshow "DPTalk" yang diadakan oleh  dariperempuan.com  dan "Rekening Ponsel" ini. 

Kesempatan ini tentu saja tak kusia-siakan. Maklum dari awal aku sudah  kepo sama kalimat "Rekening Ponsel" dan kata 'Praktis'nya. Hari gini, gitu lho. Di era modern di mana waktu tak bisa dihambur-hamburkan dengan leluasa seperti masa  dahulu. Siapa sih, yang nggak ingin kepraktisan? Trus "Rekening Ponsel", apa pula itu? Rekening sih, aku tahu artinya. Ponsel juga tahu maknanya. Tapi, "Rekening Ponsel"? Emang ada gitu? Nah, kepo kan jadinya? :D

So, aku pun daftar untuk datang ke Talkshow "DPTalks :Transaksi Praktis dalam 1 Gadget" ini.  Dan hari Sabtu tanggal 22 Maret 2014 pun tiba. Setelah semua urusan di rumah kelar, biasa bisnis IRT :D. Me and my soulmate Gie pun melangkah menuju Graha Niaga. Sesampainya di tujuan, dengan penuh semangat  kami melangkah menuju pos sekuriti untuk bertanya,  "DPTalk" dilangsungkan di lantai berapa dan ruangan mana? Sebab, saya tidak mendapatkan informasi mengenai lokasi detilnya pada undangan digital di atas. 

Satpam yang pertama ditanyai tidak tahu, dia malah minta ID cardku yang kemudian diganti dengan sebuah kartu pengenal. 
"Wah, jangan sampai ilang Pak KTP saya, bikinnya lama lho," wanti-wantiku. 

Satpam yang kedua datang. Dia ternyata lebih update. Dia tahu lokasi "DPTalk" diadakan dan malah dengan ramah menunjukkan jalan, plus membukakan pintu lift untuk kami. 
"Tengkyuu Pak Satpam!" ^__^

Sampai di Floor M, tepat saat kami keluar dari lift terlihat langsung sosok Mbak Ani Berta sedang berdiri di sisi meja resepsionis.Jadi aku nggak usah takut nyasar lagi. Kami berada di lantai yang tepat. Aku pun dipersilahkan mengisi buku tamu dengan menuliskan nama serta nomor ponselku pada secarik kertas. Katanya  siy untuk doorprize nanti.

Nah, pas disuruh mengisikan nomor kartu identitas alias KTP,  baru deh nyadar kalau KTP-ku kan tadi ditahan oleh satpam. Buruan deh mbak-mbak cantik di meja penerima tamu bilang akan mengusahakan supaya  KTP-ku dikembalikan. Syukurlah, aku takut KTP-ku nanti ilang soalnya.

Acara "DPTalk" pun dimulai on time. Bahkan para  undangan berkesempatan untuk mengisi  perut dulu dengan dimsum isi udang yang lezat. Tapi nggak ada kopi kentalnya. Hehehe :D




Sang MC Eddy memperkenalkan dua narasumber yang berasal dari Bank CIMB serta seorang narasumber dari Internet Sehat bernama Frenavit.  Para peserta Talkshow diminta juga bersiap dengan akun twitter mereka untuk aksi Live Twitter Competition.

                                     

Pemenang Live Tweet Talkshow"DPTalk" ini akan meraih hadiah berupa "Uang Tunai" untuk dua orang dalam bentuk "Rekening Ponsel" dari CIMB Niaga.




Setelah MC membuka acara, Frenavit dipersilahkan untuk  memperkenalkan cara melakukan transaksi online yang aman serta  melakukan aktivitas internet  sehat. Frenavit membahas sejumlah hal mengenai keamanan bertransaksi di internet, diantaranya adalah tentang cara belanja online yang aman. Berikut tips dari Frenavit :

1. Lindungi komputer kita dari ancaman gangguan keamanan atau hacker. Salah satunya adalah dengan menggunakan antivirus yang selalu update.
2. Buatlah password yang aman. Jangan menggunakan password yang sama untuk setiap akun yang berbeda. Misalnya akun Facebook, Twitter dan Email kita jangan sampai menggunakan password yang sama. Hal ini akan memuluskan jalan penjahat dunia maya untuk meretas akun Anda. Untuk merangkai password juga pilihlah kombinasi password yang tak mudah untuk ditebak, misalnya gunakan kombinasi dari huruf dan angka.
3.Ketik sendiri alamat situs yang akan dituju. Jangan terlalu mengandalkan mesin pencari karena ada kemungkinan hacker akan memasukkan link atau  situs palsu via mesin pencari.
4.Pastikan bahwa informasi penting kita aman. Jangan mengunggah informasi pribadi  di dunia maya tanpa proteksi. Misalnya nama ibu kandung kita, tanggal lahir, nomor identitas dan hal-hal penting lainnya. 
5. Hanya gunakan komputer pribadi untuk melakukan transaksi online. Misalnya saat melakukan transaksi internet banking, atau transaksi sehubungan bisnis online lainnya.





Finally,  kekepoanku pun terjawab sudah saat Mas Edgar dari CIMB Niaga menjelaskan secara panjang lebar mengenai apa yang dimaksud dengan "Rekening Ponsel" ini.

Jadi, "Rekening Ponsel" ini merupakan sebuah produk terbaru dari  CIMB Niaga. Kita bisa menggunakan "Rekening Ponsel" untuk berbagai jenis kebutuhan, seperti :

1.Melakukan aktivitas transfer. Kita bisa mentransfer uang ke seluruh nomor ponsel di seluruh Indonesia. Operator selularnya bisa dari kartu apa saja seperti Simpati, Mentari, Axis, XL, Smartfren dll.
2.Melakukan setoran tunai
3.Cek Saldo
4.Cek daftar 10 transaksi terakhir yang sudah kita lakukan
4.Untuk berbelanja di merchant-merchant khusus tanpa harus membawa atau mengeluarkan uang tunai. Seperti di Seven Eleven, Cinema XXI, blitz, J.Co, BreadTalk, dll.
5.Membeli pulsa prabayar untuk semua operator atau jenis kartu yang ada di Indonesia seperti Simpati, Mentari, Axis, XL, Smartfren, dll)
6.Untuk melakukan berbagai jenis  pembayaran tagih seperti tagihan listrik, air, internet, TV kabel, dll.

Cara membuka "Rekening Ponsel" juga mudah sekali. Cukup dengan modal KTP dan nomor ponsel, kita bisa langsung mendaftar dan mendapatkan nomor "Rekening Ponsel". Ya, hanya dengan menggunakan nomor ponsel yang kita miliki, baik itu ponsel canggih setara smartphone atau telepon selular biasa,   bisa didaftarkan untuk mendapatkan nomor "Rekening Ponsel".

Aku membuktikannya sendiri saat sebelum Talkshow dimulai, dibuatkan "Rekening Ponsel" oleh Mbak cantik dari CIMB Niaga. Prosesnya singkat dan praktis. Mantap deh!

Namun disarankan untuk  Anda yang menggunakan smartphone seperti BB, android atau Iphone, dll, sebaiknya unduh aplikasi Go Mobile terlebih dulu.
Caranya : ketik Go Mobile  kirim ke 1418. 
Setelah itu nomor ponsel Anda akan mendapatkan link untuk  mengunduh Go Mobile.

Sementara untuk ponsel biasa yang bukan smartphone, cukup dengan menggunakan menu SMS, Anda sudah bisa memiliki sebuah "Rekening Ponsel". Dan dengan memiliki "Rekening Ponsel" dari CIMB Niaga, kita  bisa melakukan transfer uang gratis antar nomor ponsel dan  nggak perlu harus memiliki rekening bank CIMB Niaga. Jadi "Praktis"! 

Tarik tunainya bisa dilakukan di CIMB Niaga mana saja. Malahan, "Rekening Ponsel" CIMB Niaga ini juga bekerjasama dengan sejumlah swalayan seperti Indomaret dan Alfamidi. Jadi, kita bisa ambil uang kita di sana.Tak perlu  harus ke ATM. Cukup dengan memperlihatkan nomor "Rekening Ponsel" pada petugas terkait. 

Lalu saat sesi tanya jawab diadakan, ada yang nanya, gimana kalau ponselnya hilang? Bahaya nggak buat dananya yang ada di "Rekening Ponsel"?
Mas Edgar menjelaskan bahwa jika seseorang pemilik "Rekening Ponsel" kehilangan ponselnya apakah dicuri atau sebab lainnya, maka dia harus segera melaporkan kehilangan tersebut pada pihak bank. Selama  nomor ponsel tersebut dia masih milik dia dan juga segera dilaporkan pada operator selular terkait, maka kehilangan ini tidak akan berpengaruh pada dana dia di "Rekening Ponsel"

"Rekening Ponsel" ini bisa menampung dana hingga 5 jutaan rupiah. Namun, jika belum didaftarkan,  hanya bisa menampung dana sebanyak 1 juta rupiah saja. Jadi, memang sebaiknya daftarkan saja nomor "Rekening Ponsel" tersebut segera.
Sementara untuk transaksi setiap bulan, pemilik "Rekening Ponsel"  bisa melakukan transaksi baik transfer dana, membayar tagihan air, listrik, telepon, beli pulsa dan sebagainya hingga 20 jutaan rupiah.

Dan  si pemilik tidak akan dikenakan biaya saat bertransaksi dengan "Rekening Ponsel". Jadi "Rekening Ponsel" tanpa biaya administrasi atau biaya bulanan. Namun tentu saja untuk biaya SMS tetap  dikenakan tarif SMS, serta  ada biaya untuk membayar semua tagihan Anda tentu saja. 

Hmm, makin menarik saja niy Si "Rekening Ponsel". Apalagi saat Pak Dian Kelana bertanya, bagaimana jika beliau hendak mengirimkan uang untuk kerabatnya yang ada di ujung Indonesia misalnya di Papua? Mas Edgar  dari CIMB pun menjelaskan bahwa kerabat beliau atau si penerima kiriman di Papua tersebut, bisa mengambil kiriman uang tadi   melalui Alfa Midi terdekat. Karena CIMB bekerjasama dengan mal-mal, dan mini market seperti Indomaret dan Alfa Midi yang sudah tersebar diseluruh penjuru Indonesia.

Aku pribadi sih berharap, layanan "Rekening Ponsel" ini tak hanya berlaku di wilayah Indonesia saja. Siapa tahu  temanku yang di Saudi hendak mengirim uang. Jadi dia tinggal menggunakan "Rekening Ponsel."  Nggak ribet lagi seperti biasanya  saat menerima kiriman uang dari Saudi melalui jasa 'WU' yang mengalami kendala saat hendak dicairkan di  kantor Pos.

Sayang sekali waktu yang terbatas membuat Talkshow DPTalk ini harus berakhir, padahal banyak  peserta yang masih ingin bertanya. Talkshow "DPTalk" dan "Rekening Ponsel" CIMB Niaga pun berakhir setelah doorprize dibagikan dan ditutup dengan makan siang bersama.

8 komentar:

  1. Ini mirip debit card gitu ya? Net banking? Masih belum mudeng aku

    BalasHapus
  2. sekarang serba canggih ya, rekening gak cuma bisa di buku tabungan ama ATM doang tapi juga di gadged

    BalasHapus
  3. Mak Ade, rada mirip tapi lebih simpel karena nggak kita nggak wajib buka akun dulu di CIMB Niaga tapi cukup dengan nomor ponsel kita yang sudah terdaftar saja.

    BalasHapus
  4. Mbak Icha, benar mbak. Semakin mempermudah mereka yang lebih sering mobile dan travelling. karena nggak harus bawa uang tunai kemana-mana :)

    BalasHapus
  5. Whuaa.. ada dimsum isi udang ya? kok aku nggak tau?
    *salah fokus wkwkwk

    BalasHapus
  6. Waya nggak nyobain yaa? Rugii ding hehehe :D

    BalasHapus
  7. Salam kenal ya, selamat udah menang :)

    BalasHapus
  8. Salam kenal mbak Lidya. Terimakasih :)

    BalasHapus